Jumat, 17 April 2009

Mengenal Seluk-beluk Jejaring Sosial Facebook

Judul Buku : Facebook
Penulis : Tony Hendroyono
Penerbit : B First, Yogyakarta
Cetakan : Januari 2009
Tebal : xii + 132 halaman

Facebook adalah sebuah fenomena. Bukan saja remaja dan kaum muda gaul yang kenal dengan situs yang memungkinkan kita dapat mudah melacak teman-teman lama. Hampir semua orang sangat mengakrabinya, bahkan saking begitu gandrungnya, hingga seperti tiada hari tanpa Facebook.
Fenomena situs yang menghubungkan satu orang ke orang lainnya itu sebenarnya bukan hal yang baru. Sebelumnya, ada Friendster, Multiply, MySpace, Hi5, dan lain-lain. Sampai saat ini diperkirakan 57 juta anggota Facebook yang online setiap harinya. Sebuah jumlah yang tentu sangat sensasional.
Melalui buku berjudul “Facebook”, Tony Hendroyono, mencoba menyajikan wajah Facebook yang sebenarnya. Siapa orangnya di balik kesuksesan Facebook? Bagaimana proses penciptaan situs sampai membuat orang-orang di berbagai belahan dunia begitu demam, bahkan keranjingan? Dan, apa saja yang ditawarkan situs yang sekarang paling banyak dikunjungi di mua bumi ini? Semua tuntas dibahas, bahkan bagi Anda yang sama sekali belum pernah menyentuh Facebook dipandu tentang berbagai cara praktis menggunakan situs beserta tip dan trik pemakaiannya.
Siapa sangka tokoh kunci di balik sukses Facebook ternyata seorang mahasiswa Harvard University yang usil. Hebatnya lagi, seperti kisah para tokoh penemu piranti lunak lainnya yang bermula dari garasi. Facebook dikerjakan dan ditulis sendirian dari sebuah kamar asmara mahasiswa yang dihuni Mark Zuckerberg, sang CEO yang masih sangat muda belia, baru berusia 24 tahun.
***
Buku terbagi dalam tiga belas bagian, yaitu bagian pertama, Situs Kontroversial, yang menceritakan tentang keberuntungan Zuckerberg, kepala kerajaan bisnis Facebook. Zuckerberg pun digelari miliuner termuda di dunia oleh majalah Forbes dengan kekayaannya ditaksir 1,5 miliar dolar AS, dan dijuluki generasi Bill Gates, tokoh teknologi informasi yang juga drop out dari Harvard. Keduanya berlimpah harta. Seperti Gates, di awal kariernya, Zuckerberg juga menghadapi tuduhan serius bahwa karyanya berdasarkan ide yang ia curi dari orang lain.
Kedua, Bermula dari Harvard, menceritakan kisah awal Zuckerberg merintis Facebook dimulai dari Harvard, yaitu membobol data pribadi setiap penghuni Harvard dan menuliskan blog tentang perbuatannya itu lengkap dengan setiap langkah caranya sehingga badan pengurus Harvard menuduhnya melanggar privasi mahasiswa. Ketiga, Ide Bertebaran di Udara, menceritakan Zuckerberg bukan satu-satunya mahasiswa Harvard yang memanfaatkan potensi web, tapi seluruh mahasiswa memikirkan alat baru yang dapat membuat hubungan pribadi terjadi secara online.
Keempat, Perang Dimulai, menceritakan awal mulanya Zuckerberg berseteru dengan trio Harvard Connection sejak Facebook diluncurkan pada 4 Februari 2004. Mereka menuduh Zuckerberg mencuri ide dan sengaja menunda pekerjaan pada situs mereka sehingga ia dapat meluncurkan situsnya. Pada bagian kelima, Sangkalan, memang menceritakan Zuckerberg menyangkal tuduhan itu.
Keenam, Membangun Kerajaan Bisnis, menceritakan Zuckerberg membangun Facebook yang menjadi kerajaan bisnisnya. Ketujuh, CEO yang Menjengkelkan, menceritakan tentang tingkah-polah Zuckerberg yang dinilai oleh berbagai kalangan sebagai perbuatan CEO yang menjengkelkan. Kedelapan, Hukum Terus Bergulir, menceritakan makin banyak uang melimpah-ruah di Facebook maka makin banyak orang dalam Facebook yang keluar sehingga Zuckerberg menuai banyak musuh dengan kesuksesan Facebook dan tuntutan hukum pada dirinya terus bergulir.
Kesembilan, Situs yang Menghebohkan Itu, menceritakan tentang seluk-beluk Facebook dari mulai syarat keanggotaan, profil, sampai dengan fitur baru yang disebut news feed. Kesepuluh, Aplikasi Pihak Ketiga Facebook, membahas tentang aplikasi pihak ketiga Facebook, yaitu Facebook mobile. Kesebelas, Data dan Fakta Facebook, menceritakan data karyawan Facebook dan fakta Facebook sebagai jejaring sosial yang terus tumbuh dan berkembang jumlah pengguna aktignya.
Keduabelas, Bagaimana Menggunakan Facebook? Tentu membahas tentang panduan untuk dapat menggunakan Facebook. Sebuah panduan yang praktis dan mudah. Hingga, terakhir, bab ketigabelas, Tip dan Trik Menggunakan Facebook, membahas tentang berbagai tip dan trik yang tentu semakin mudah dan lebih menarik lagi dalam menggunakan Facebook.
***
Setiap hari hampir 70 juta pengguna login untuk menengok profil teman-teman mereka, dengan jumlah pertumbuhan pengguna sedikitnya 150 ribu orang per hari. Sebuah angka yang begitu sangat fantastis! Facebook menerima lebih dari 14 juta foto yang diunggah setiap hari dan angka ini terus meningkat.
Akan tetapi, keberhasilan Mark dan Facebook tidaklah seketika. Perlu beberapa tahun untuk memeram idenya, termasuk melakukan magang dan terlibat berbagai kerja sama dengan para mahasiswa Harvard lainnya, dan tambahan beberapa waktu untuk merancang konsep pemasaran hingga Facebook melejit begitu jauh meninggalkan berbagai situs jejering sosial lainnya yang hadir lebih awal. Unggul dari segi fitur dan kemudahan penggunaannya, membuat orang betah berlama-lama di depan komputer. Bagi Anda yang baru mengenal Facebook, buku ini mendedahkan kisah selengkapnya untuk dapat mengenal seluk-beluk jejaring sosial fenomenal tersebut.

Akhmad Sekhu, pengamat buku, tinggal di Jakarta dan Tegal.

(dimuat di KORAN JAKARTA, 2 April 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar